Pembelian Search di SINI

Cara Mengatasi Pernis (Clear Coat) di Atas Chrome Spray

[Alam Bross Diggaz] - Pernahkah Anda mengalami masalah dalam proses pernis akhir di atas Chrome? Biasanya masalah yang muncul adalah hasil chrome yang semula seperti cermin (mirror) berubah menjadi warna perak (silver). Bisa juga ketika Anda melapisi pernis (top clear coat) hasilnya malah menjadi kuning (yellowing). Bagaimana mengatasinya? Hasil kerja keras membuat lapisan Chrome dengan Hydro Spray Chrome, bisa sia-sia.

Kami hanya ingin berbagi dengan Anda, tanpa bermaksud mengajari. Ada beberapa faktor yang harus dicermati dalam menghadapi masalah pelapisan akhir hasil kerja chrome Spray. Pertama, untuk kasus berubahnya warna mirror chrome menjadi warna silver/perak atau seperti alumunium. Untuk masalah ini sangat berkaitan dengan kualitas pengerjaan proses chromming sebelumnya. Faktor penyebabnya bisa jadi komposisi kimiawi pada setiap tahapnya sehingga lapisan silver chrome terlalu tipis. Akibatnya ketika terkena pernis terjadi reaksi dan menyebabkan berubahnya mirror chrome menjadi warna silver. Pilihlah bahan yang tepat dan hati-hati dalam aplikasinya. Amati setiap tahapan pengerjaannya.

Kedua, untuk masalah warna mirror chrome yang dipernis kemudian berubah menjadi kekuningan (yellowing). Untuk mengatasi ini, bisa dengan cara menerapkan pernis berbahan air (water based urethane clear). Kemudian setelah kering sempurna bisa dilakukan pelapisan pernis polyurethane berbasis minyak (oiled based polyurethane clear/Pernis PU).

Cara lainya adalah tetap menggunakan pernis PU dengan menambahkan warna ungu/violet 1-2 tetes. Penyemprotan awal dengan tipis-tipis dulu (dikabut). Tunggu 15 menit, lanjutkan dengan semprot basah pernis PU.

Melindungi Lapisan Chrome dengan Clear/Pernis
Tidak seperti krom celup, lapisan silver chrome pada chrome semprot mudah ter-oksidasi dan menjadi hitam saat terkena udara. Lapisan silver yang diciptakan oleh proses mirroring dengan ketebalan lapisan 50 hingga 100 nanometer - sekitar 600 kali lebih tipis dari rambut manusia. Oleh karena itu harus dilindungi setelah diterapkan.

Catatan untuk proses pernisl

  • Anda harus melindungi silver chrome dengan lapisan yang clear/pernis.
  • Lapisan clear/pernis harus kompatibel dengan lapisan dasar (basecoat).
  • Untuk tampilan chrome murni, beri warna yang jelas dengan pewarna ungu transparan (tinting).
  • Gunakan warna tinting lain untuk 'lapisan candy' yang brilian. Gunakan warna kuning untuk membuat objek terlihat seperti emas.
  • Chrome yang ditutupi oleh lapisan clear/pernis tidak akan pernah terlihat secerah perak atau krom. Warnanya akan sedikit menurun.

Mengapa memakai lapisan Pernis?
Lain kali jika Anda menemukan sesuatu yang terbuat dari perak - kaca atau plastik - lihatlah area basah dan kering. chrome basah tampak kuning pucat dan chrome kering tampak biru-putih cemerlang. Lapisan yang bening pada lapisan tipis silver chrome, apakah itu air non-mineral atau uretan yang jernih, membuat silver chrome tampak kuning. Ini adalah hasil dari fenomena optik yang dikenal sebagai gangguan film tipis. Itu terjadi karena logam yang Anda tutupi dengan lapisan pernis adalah silver. Efeknya tidak terjadi ketika Anda melapisi krom, aluminium atau logam lain dengan clear atau pernis.

Aplikasi Chrome Spray "Diggaz Mirror Chrome"
Sebelum dan Sesudah di terapkan top clearcoat (pernis)

Satu-satunya cara untuk melawan efek ini adalah dengan mewarnai lapisan yang jelas dengan pewarna biru atau ungu transparan. Dalam hal cahaya, biru adalah warna yang berlawanan dengan warna kuning. Namun, banyak warna biru mulai terlihat hijau ketika sangat encer; warna merah di Violet meniadakan warna hijau untuk memberi warna silver chrome yang sebenarnya.
Baca Juga

Sponsor