Pembelian Search di SINI

Perbandingan Cat dan Thinner Terbaik untuk NC dan PU

[Alam Bross Diggaz] Thinner yang banyak digunakan pada bengkel pengecatan otomotif; di bedakan menjadi 2 yaitu thinner NC atau DUCO (Nitrocellulose) dan thinner PU (Polyurethane). Semua jenis thinner sendiri dapat digunakan untuk melarutkan semua jenis cat. Meskipun cat tersebut memiliki kandungan yang berbeda dengan jenis thinner yang digunakan.

Menurut sebuah penelitian, terdapat kualitas hasil pengecatan terbaik dengan kombinasi penggunaan cat dan Thinner. Berapa besar pengaruh penggunaan thinner Polyurethane (PU) dan Nitrocellulose  (NC) terhadap kualitas hasil pengecatan?

Dalam penelitiaan itu didapat perbandingan optimal dari cat dan thinner yang di gunakan untuk jenis Polyurethane (PU) dan Nitrocellulose (NC). Dengan variasi campuran thinner Polyurethane (PU) dan Nitrocellulose (NC) pada cat Polyurethane (PU) dan Nitrocellulose  (NC) masing-masing dengan perbandingan 1:1, 1:1.3, 1:1.5. 

Pengujian daya kilap hasil pengecatan mengunakan glossmeter. Hasil penelitian mendapatkan hasil bahwa pengunaan thinner Polyurethane (PU) pada cat Polyurethane (PU) pada perbandingan campuran 1:1,3 medapatkan hasil terbaik, serta mendapatkan kekilapan tertinggi sebesar 87.4 GU (Gloss Unit) dibandingkan dengan kekilapan tertinggi pada beberapa campuran cat dengan thinner yang lain. Bisa juga menggunakan cat NC dengan Thinner PU. Contoh kekilapan tertinggi yang dihasilkan pda campuran Cat Penta NC dengan Thinner Blinken PU didapatkan pada perbandingan 1:1.3 dengan nilai rata-rata 87.4 GU.

Sedangkan pada thinner Nitrocellulose (NC) yaitu di campur dengan cat Nitrocellulose (NC) dengan perbandingan 1:1,5 mendapatkan kekilapan tertinggi yaitu 81.4 GU. 

Glossmeter

Dalam pengecatan kita bisa menemui cacat berupa permukaan cat yang kasar yang diakibatkan oleh campuran yang kental sehingga akan menghasilkan tingkat kekilapan rendah. Dan cacat berupa lubang kecil (pinhole) terbentuk akibat sifat cat jenis NC yang cepat mengering dengan dicampur thinner jenis PU yang lebih lambat kering.

Pengunaan thinner jenis PU yaitu thinner blinken PU pada cat jenis PU yaitu cat blinken PU dengan perbandingan campuran 1:1.3 mendapatkan campuran dengan kekentalan yang pas, sehingga pada campuran ini mendapatkan hasil pengecatan yang baik dan tidak terjadi Droplet. Serta mendapatkan kekilapan tertinggi sebesar 87.4 GU.

Baca Juga

Sponsor