Pembelian Search di SINI

Teknik Dasar Airbrush untuk Pemula


[Alam Bross Diggaz] - Jadi, ketika rekan-rekan seniman Airbrush sudah menguasai dasar-dasar airbrush model kit, dan selanjutnya ingin mengembangka ke tingkat berikutnya? Metode melukis dengan teknik Airbrushing adalah cara luar biasa dan efisien untuk memberikan hasil akhir yang profesional bagi model kit Anda atau untuk konsumen dan kolega Anda.

Banyak seniman bahkan pabrikan model kit setuju bahwa pengecatan dengan teknik airbrush adalah investasi yang layak, dan alat penting untuk proyek model skala yang lebih besar. Berikut ini teknik airbrush model kit di bawah ini untuk mengubah penampilan model kit Anda!

Apa itu airbrush?

Sederhananya, airbrush mencampur cat dan udara secara internal. Jadi ketika Anda menekan tombol alat airbrush, udara akan melewati nosel dan menyebarkan cat ke media pengeecatan, misalnya model kit itu. Ini menghasilkan atomisasi yang jauh lebih halus, dan memungkinkan kita untuk membuat pola yang akurat dan konsisten.

Dengan melakukan sedikit penyesuaian pada pasokan udara atau cat, kita dapat membuat berbagai efek. Dengan menukar jarum cat, dapat menambahkan lebih banyak variasi pada pola semprotan cat, menjadikannya alat yang sangat berguna jika kita memiliki daya imajinasi dan bakat kreatif. Sebelum kita membahas lebih banyak teknik airbrush model kit, kita harus memilih jenis airbrush - Single-action atau dual-action airbrush, yang kita bahas di bawah ini.

Single-Action Airbrush

Ini adalah jenis airbrush paling populer. Untuk mengoperasikannya, kita hanya perlu menekan tombol untuk melepaskan aliran udara dan menggunakan kontrol terpisah, biasanya ditemukan di bawah jarum cat atau pada pegangan, untuk mengatur pola cat yang kita inginkan. Volume cat yang konstan membuatnya mudah digunakan, dan berarti kita bisa fokus mengendalikan pasokan udara. Jika Anda sudah cukup berlatih, atau merasa berani, Anda dapat menyesuaikan aliran cat dengan tangan bebas saat menyemprot. Jika Anda sudah menguasai teknik airbrush model kit, Anda dapat mencapai hasil akhir yang sangat baik dengan single action airbrush.

Kelebihan: Relatif murah, mudah dibersihkan, memberi cakupan keseluruhan yang bagus, lebih sedikit suku cadang
Kekurangan: Fleksibilitas terbatas, kontrol kurang

Airbrush Iwata HP-M1- Single Action Airbrush


Dual-Action Airbrush

Jika Anda mencari presisi dan variasi hasil gambar yang lebih baik, dual action airbrush cocok untuk Anda. Di sini, pemicu digunakan untuk mengontrol udara dan cat. Untuk mengoperasikan dual action airbrush (airbrush aksi ganda), tekan pelatuk untuk memasukkan udara, dan geser (depan belakang) untuk melepaskan cat. Airbrush yang cocok sekali 'mendayung, dua tiga pulau terlapaui, meskipun harganya lebih mahal dan memang membutuhkan lebih banyak latihan. Meski lebih mahal harganya, ada daya fleksibilitas lebih dari dual action airbrush. Jika Anda bersedia meluangkan waktu dan menguasai teknik airbrush model kit, Anda tidak akan pernah melihat lagi ke belakang untuk belajar menaklukan penggunaan alat ini. Wani udag hehehe! hayu sama-sama belajar...

Kelebihan: Sangat serbaguna, peningkatan kontrol, Anda dapat membuat garis yang lebih halus
Kekurangan: Harga lebih mahal, lebih kompleks untuk diroperasikan, butuh lebih banyak latihan untuk menguasainya.

Iwata CM-CPlus Dual Action Airbrush


Cara memegang airbrush

Anda sudah mengenali jenis airbrush yang Anda miliki? Baik. Mungkin akan membelinya sesuai keperluan Anda. Tapi bagaimana Anda memegangnya? Untungnya ini tidak terlalu rumit, dan jika Anda pernah memegang pulpen atau pensil, maka itu sudah awal yang baik. Letakkan airbrush di tangan, dengan jari telunjuk Anda menempel pada pelatuk (trigger). Catatan - posisi jari akan berubah tergantung pada jenis airbrush yang digunakan. Untuk menghindari airbrush dioperasikan di tangan Anda, kami sarankan melilitkan selang udara di pergelangan tangan Anda sebelum Anda mulai.

Cara memegang single-action airbrush: letakkan jari telunjuk Anda pada trigger, tekan ujung jari Anda untuk mengontrol pengaturan keluaran udara dan cat.

Cara memegang dual-action airbrush: Letakkan ujung jari telunjuk Anda pada trigger, tekan dan tarik kembali sekaligus untuk mengontrol masukan udara dan cat.


Cara menggambar dengan airbrush

Pertama-tama, pilih amunisi Anda - duco, akrilik, enamel, atau pernis - airbrush Anda dapat menangani semua ini. Selanjutnya, persiapan adalah kuncinya. Kocok cat yang Anda gunakan, dan gunakan tusuk gigi atau sejenisnya untuk mengatur pigmen (pewarna dasar berupa serbuk atau pasta, jika membuat cat sendiri) dan mencampurnya dengan pelarut. Goyangkan lagi, kemudian tambahkan pengencer - ini akan memastikannya mengalir melalui airbrush tanpa 'batuk-batuk'. Cari konsistensi cat seperti susu - dengan rasio thinner terhadap cat adalah 1: 3 komposisi yang umumnya bagus. Lebih detailnya, baca aturan pakai pada kaleng cat, karena bisa jadi pabrikan membuatnya dengan komposisi khusus.
Saat Anda berlatih, fokus untuk menciptakan lapisan per lapisa cat yang halus, dan menjaga garis lurus
Jika Anda menggunakan dasaranas atau hanya ingin menerapkan lapisan umum, kami sarankan Anda menggunakan tekanan udara 15-20 psi dan jarak penyemprotan 10-18 cm (4-7 inci) dari permukaan media pengecatan. Jika terlalu jauh, cat akan kering 'dalam perjalanan' dan mungkin tidak menempel ke permukaan. Jika terlalu dekat cat akan meleleh. Jelas tidak satu pun dari aturan jarak ini yang benar-benar ideal, jadi berlatihlah pada media lain sebelum Anda pindah ke media pengecatan yang sebenarnya. Saat Anda berlatih, juga fokus untuk menciptakan lapisan cat yang halus, dan menjaga garis lurus. Ini bukan sesuatu yang akan datang seperti 'abra kadabra', teruslah berlatih.  Jika Anda menguasai teknik airbrush ini pada awalnya, Anda akan siap untuk proyek masa depan Anda.


Tabung cat Spraygun dan Airbrush

Tempat persediaan (tabung) cat untuk spraygun dan airbrush. Berbagai jenis bentuknya, termasuk stoples kaca yang ditancapkan ke brush dari bawah, atau cup plastik di atas atau bawah. Tergantung jenis airbrush atau spraygun Anda. Airbrush dapat memiliki semua jenis tabung cat (reservoir). Kemampuan spraygun dan airbrush untuk berganti-ganti tabung cat adalah keuntungan besar: setelah Anda menyemprot satu warna, Anda cukup menempelkan tabung cat yang lainnya dengan warna baru.



 



Cara membersihkan airbrush


Anda tidak dapat melakukan pekerjaan luar biasa dengan kuas cat yang kotor, pun demikian dengan airbrush persis sama. Bahkan sebagian kecil cat kering dapat mempengaruhi atau menghambat kinerja airbrush Anda. Jadi Anda perlu membersihkannya langsung setelah digunakan. Gunakan lap atau kertas tisu untuk menyapu cup/tabung, lalu isi setengahnya dengan thinner. Semprotkan thinner melalui airbrush Anda sampai tidak ada partikel cat yang terlihat. Tahan dengan kain di depat nozzle untuk memaksa udara berbalik kembali ke tabung cat, dan biarkan gelembung kembali untuk membersihkan semua saluran airbrush.
    Hindari menekan pada ujung jarum, karena hal ini menyebabkan jarum bengkok
Setelah Anda menggunakannya sebentar, lepaskan airbrush Anda dan rendam jarum dan nozzle dengan thinner semalaman. Hindari menekan pada ujung jarum, karena hal ini menyebabkannya bengkok.

Memperbaiki jarum bengkok: Pegang jarum pada permukaan yang rata; geserkan dengan kuku Anda sampai ujung sambil memutar jarum.

Seperti biasa, kami senang melihat proyek Anda yang sedang berjalan. Semoga mendatangkan rezeki yang berkah untuk keluarga Anda! Amiin
Baca Juga

Sponsor