Pembelian Search di SINI

Mengecat Kaos dengan Dikuas | Diggaz Textilia

Aplikasi Diggaz Textilia dengan Kuas.
Karya Abah deddy Ahdiat Majalengka

[Alam Bross Diggaz] - Cat Diggaz Textilian diperuntukan bagi seniman yang menjadikan kain atau kaeos sebagai media ekspresinya. Warna yang cerah dan tahan lama menjadi pilihannya. Seperti telah dibahas mengenai Cara Mengairbrush Kaos dengan Diggaz Textlia, kini cara mengambar pada kaos dengan teknik kuas.

Secara umum, melukis kaos memerlukan bagian penyangga belakang atau bantalan. Bantalan Triplek atau Styrofoam dapat digunakan. Bantalan ini di gunakan untuk penyangga bentangan kaos agar kencang dan tidak ada lekukan. Pentingnya bentangan yang rata agar lebih mempermudah dalam pengerjaannya. Untuk ketebalan triplek atau styrofoam, bisa menggunakan ukuran 4 mm untuk tripleks atau 1 cm untuk styrofoam.

Media kerja berupa Kaos.  Kaos yang digunakan berbahan katun adalah yang terbaik. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal gunakan bahan 100% katun (cotton). Bahan ini memiliki serat yang lebih rapat sehingga dapat menyerap cat dengan baik. Contoh bahan kaos yang bisa digunakan adalah cotton combed 20s standar distro.

Gunakan cat water base dengan merk Diggaz Textilia. Cat yang memang di khususkan untuk airbrush pada media tekstil atau kaos, dan bukan cat sablon. Sekalipun cat ini tergolong mahal, tetapi sepadan dengan gambar yang di hasilkan. Kuat & tahan lama, hasil halus, tidak pecah, meresap di kain, warna tajam dan tidak lengket ketika kaos di lipat dan dicuci.

Teknik pengerjaan
  1. Setrika dahulu kaos agar lebih merata permukaannya. Baiknya kaos agak basah sebelum disetrika.
  2. Baiknya kaos yang akan dicat agak basah agar cat meresap. Bila terlanjur kering, bisa semprotkan air dengan botol spray.
  3. Untuk kaos warna hitam, buatlah basecoat (lapisan dasar) berwarna putih
  4. Lalu kuaskan cat dengan warna-warna sesuai pilihan Anda
  5. Setelah selesai pengecat, dapat disemprotkan "penis" yaitu top coating dari Diggaz Textilia. Ini juga memberikan efek glossy.
  6. Setelah kering, kaos dibalik dan disetrika dari bagian belakang.
  7. Selesai

Semangat berkarya

  • Peminat cat Diggaz Textilia, kontak Alam Bross Diggaz via WA (Tidak Telepon) 081321867161
  • atau via Tokopedia

Baca Juga

Sponsor