Pembelian Search di SINI

Cara Membuat Swirling Paint


[Alam Bross Diggaz] Swirling paint? apa itu? barangkali Anda sering melihatnya di Youtube. Teknik pengecatan swirling ini sebenarnya teknik jadoel (jaman doeloe). Pola cat warna-warni membentuk pola abstrak, terkadang disebut motif marmer (Marbling Effect).

Teknik marblizing telah ada selama beberapa ratus tahun lalu. Penggunaan paling umum untuk beberapa abad terakhir telah membuat orang-orang tertarik kembali cat bermotif "swirled"dalam kelas yang lebih baik. Pengecatan ini dapat diterapkan pada hampir semua objek yang dapat dicelupkan ke dalam bak cat yang mengambang di atas air.

Marblizing klasik cukup mudah untuk mendapatkan pola di atas air yang ditransfer ke sebuah objek. Ada banyak panduan tentang ini di internet dan youtube. Swirling paint hanya dekorasi objek dengan pola neato berupa cat yang berputar-putar yang pengerjaannya jauh lebih mudah, Anda hanya harus mengatur sendiri pola yang diinginkan di atas air telebih dahulu sebelum objek dicelupkan.

Membentuk pola menggunakan metode yang sangat mudah dan abstrak, meskipun beberapa seniman yang telah membuatnya pola khusus juga ada, mungkin berupa sebuah gambar hati yang indah (terutama jika ANDA adalah seorang seniman yang sedang jatuh cinta :-)


Cara untuk membuat swirling paint pada objek, adalah penuangan cat di atas air yang kemudian diikuti pencelupan objek. Anda mengunakan cat yang diencerkan dari berbagai warna dan meneteskannya pada permukaan air. Perhatikan objek, gravitasi, viskositas dan tegangan permukaan untuk menggabungkan cat di beberapa bagian lain. Anda dapat mengontrol pola untuk sebagian kecil dengan memindahkan atau mengubah posisi cat mengalir membentuk pola tertentu, tapi jika terlalu banyak cat dan warna campuran tergabung jadi warna baru dan pola swirl hilang. Juga melibatkan sentuhan jari dengan sentuhan yang baik (perlu banyak latihan!) Ini dapat mengubah pola cat dengan hasil yang sangat menarik.

Cat enamel
Pencelupan jauh telah lama ada seperti marblizing klasik. Cara ini adalah bentuk yang paling simple membuat swirling paint. Anda hanya perlu mengambil seember air, teteskan (drop) cat ke permukaan air dalam beberapa pola, memanipulasi pola dengan bulu, stick es krim, jari, dll sampai Anda mendapatkan pola yang Anda sukai, lalu celupkan objek melalui cat yang membentuj film tipis di atas air. Film cat di atas air akan lebih memilih untuk menempel ke objek, dan akan melapisi objek dengan pola.

Dalam praktek yang sebenarnya, metode penetesan cat pencelupan (dip and drip) memungkinkan Anda untuk melakukan kontrol lebih besar atas pola seperti yang Anda inginkan dengan menstabilkan kondisi. Air harus benar-benar membentuk film untuk 'memegang' pola yang lebih mudah; air harus dicampur khusus pembentuk film dengan cairan "Diggaz Camos", dan suhu harus tepat (minimal 25 derajat Celcius - untuk wilayah Indonesia tidak masalah dengan suu). Saya mendorong Anda untuk menciptakan pola marbleizing jika Anda menginginkan pola unik seperti membuat pola yang lebih formal. Saya cukup puas hanya dengan pola swirl yang rapi :)

Proses secara rinci.
Siapkan objek (dalam kasus saya kotak jeringen plastik yang dipotong bagian atasnya) untuk membuat lukisan. di atas air - Bagaimana cara memanipulasi (mengkreasikan) cat itu? Metode dengan menggunakan stick untuk ice cream. Bila secara manual murni -  menggunakanjari - memiliki beberapa kekurangan. Anda juga dapat menggunakan teknik Anda sendiri sebelum Anda mulai melukis. Penemuan baru biasanya diperlukan.

  • Bersihkan permukaan objek dari semua kotoran, minyak, dll dengan detergen lalu keringkan. Saya menggunakan Mama Lemon, tapi Anda dapat menggunakan bahan lain. Saya mendorong Anda untuk menemukan cara Anda sendiri membersihkan permukaan objek.
  • Lapisi permukaan dengan primer. Saya menggunakan primer warna hitam. Untuk benda-benda lain, primer lain mungkin lebih cocok. Pastikan primer ini benar-benar kering dengan menunggu setidaknya dua kali waktu pengeringan yang dianjurkan. Anda bisa membuat primer kering dalam oven pemanggang roti.
  • Siapkan cat. Saya menggunakan cat enamel berbasis minyak dengan Thiner "White spirit". Gunakan warna primer yang cerah dan mencampur warna khusus jika Anda membutuhkannya. Pengenceran cat enamel menggunakan white spirit (meskipun secara khusus tidak harus enamel, Anda bisa gunakan Thinner ND) sekitar 1/3 dari yang direkomendasikan. Ini memungkinkan cat membentul lapisan tipis, dan membuat permukaan tetap datar.
  • Lapisan Film di atas air? Saya menggunakan pembentuk membran tipis untuk Swirling Paint "Diggaz Camos". Harga 75rb per botol. Untuk 1 ember cukup 1 tutup botol Diggaz Camos.
  • Cat! Saya meneteskan cat dari dengan wadah plastik kecil penutup botol, satu per satu warna, ke atas permukaan air. Saya menggunakan warna utama untuk sebagian besar pekerjaan ini, dan kemudian meneteskan warna per warna ke permukaan air TIDAK saling MENUMPUK, tetapi di bagian air yang belum kena cat dan di mana saja yang saya pikir itu terlihat bagus. Utak-atik cat tersebut dengan stick ice cream. Cat akan membentuk pola unik seperti marble/marmer.
  • Ketika itu Anda rasa cukup indah, bisa dilanjutkan ke tahap pencelupan Objek. Tidak perlu khawatir cat keburu kering, jika Anda menggunakan cat enamel. Neberapa dan Anda mungkin menggunakan cat duco yang membuat cat cepat kering. 
  • Celupkan objek ke atas cat dengan sudut 45 derajat, hingga seluruh permukaan objek terlapisi cat. Angkat segera dan keringkan dengan udara 45 menit. Selanjutnya Anda dapat mengeringkannya dengan oven atau membiarkannya kering penuh 24 jam.

Hasil swirling paint sesaat setelah dicelup (masih basah)

Perhatikan bahwa benda-benda yang sebenarnya yang bisa dilakukan dalam SWIRLING PAINT baik dengan cara proses ini.

Bagian penting dari setiap sesi swirl painting adalah apresiasi dari pola yang telah terbentuk. Jangan takut untuk mencoba dan berhenti cukup puas dan hanya melihat apresiasi orang-orang yang kagum atas kerja Anda.
Baca Juga

Sponsor